Minggu, 03 November 2013

KASUS PRAKTEK BISNIS YANG TIDAK BERETIKA

CONTOH KASUS 1:
          Contoh nya pada makanan yang berada di sekitar kita banyak sekali yang menggunakan boraks,formalin,bahan pengawet makanan,dll. bahan seperti itu tidak aman untuk dikonsumsi sebagai makanan, tetapi ironisnya penggunaan bahan pengawet sebagai komponen dalam makanan sudah meluas di Indonesia. Mengkonsumsi makanan yang mengandung boraks memang tidak serta merta berakibat buruk terhadap kesehatan, tetapi apabila boraks masuk ke dalam tubuh manusia, maka akan menumpuk sedikit demi sedikit karena diserap dalam tubuh manusia secara kumulatif. Dan akibat/efeknya akan dirasakan di kemudian hari.Dampak karena seringnya mengonsumsi makanan yang mengandung boraks akan menyebabkan gangguan otak, hati, dan ginjal. Dalam jumlah banyak, boraks menyebabkan demam, anuria (tidak terbentuknya urin), koma, merangsang sistem saraf pusat, menimbulkan depresi, apatis, sianosis, tekanan darah turun, kerusakan ginjal, pingsan, hingga kematian.

Contoh Kasus 2 :
       Contohnya pada makeup terdapat bahan kimia,itu sebenarnya tidak bagus untuk wajah kita karena akan merusak wajah di kemudian hari.  namun seringkali kita tidak tahu bahwa didalam produk kosmetik mengandung bahan berbahya, seperti:
1. Merkuri: Sudah pasti dilarang, efek terlalu banyak merusak.
2. Hidroquinon: Boleh digunaakan dengan batas max 2% masih diperbolehkan dijual bebas sebagai kosmetik (OTC). Diatas itu harus pengawasan dan resep dokter.
3. Asam Retinoic acid: tidak boleh bebas harus atas resep dokter (bukan barang OTC).

Berikut ini ciri-ciri kosmetik yang menganduk mercury, karena sebenarnya mercury mempunyai ciri yang sangat khas. Ciri ciri nya adalah sebagai berikut :
1. Krimnya pada umumnya lengket

Beberapa produk ada yang mencampurkan merkuri dengan bedak dingin atau bedak jerawat, agar terlihat lebih encer.

2. Krim pada umumnya tidak tidak menyatu & kasar, bila didiamkan minyak akan terpisah dengan bagian padat
3. Apabila diusapkan pada kulit lengan terasa panas dan gatal, sebagian lagi karena adanya campuran bedak dingin agak tidak berasa panas dan gata.


4. Sebagian menggunakan parfum menyengat agar tidak menyengat bau logam mercuri, karena pada umumnya bila kandungan mercury banyak bau logam menyengat.


5. Warna umumnya sangat mencolok, karena tidak menggunakan bahan pewarna utk kosmetik, umumnya menggunakan bahan pewarna tekstil warna kuning dan warna krim putihnya pearly (mengkilat seperti mutiara)
6. Pada pemakaian awal meyebabkan Iritasi pada kulit dan kemerahan bila terkena sinar matahari


7. Kulit dapat berubah putih dalam waktu singkat (kurang 1 minggu, tergantung kadar kandungan merkuri, makin tinggi makin lebih cepat memberikan warna putih)


8. Warna Putih pada kulit tidak lazim, umumnya pucat
9. Tidak timbul jerawat sama sekali, hal ini disebabkan lapisan kulit epidermis kita telah rusak

Ini disebabkan karena kulit sudah tidak mengandung protein & melanin yang berfungsi utk melindungi radiasi paparan matahar juga sdh tdk berfungsi, sehingga jasad renik ataupun kuman tidak akan menyukai kulit yang telah tercemar merkuri termasuk nyamuk sekalipun


10. Pori-pori tampak mengecil & halus, ini disebabkan lapisan kulit terluar wajah kita telah tipis & tergerus oleh logam merkuri, tampak sepintas terlihat mengecil & halus.

Untuk mengujinya anda bisa merasakan dengan mencobanya pada sinar matahari, kulit terasa terbakar, gatal disertai kemerahan, hal ini dikarenakan kulit wajah sdh tidak mendapat perlindungan dari melanin yang berfungsi melindungi wajah kita dari radiasi matahari. Pada produk yang benar, pemakaian siang hari selalu menggunakan pelindung SPF sehingga pada siang hari anda tidak akan merasakan rasa iritasi seperti terakar disertai rasa gatal.


11. Warna Putih pada kulit wajah lama-kelamaan akan berubah menjadi abu-abu lalu selanjutnya kehitaman

12. Bila pemakaian dihentikan akan timbul bintik-bintik hitam di bawah kulit sebagian ataupun merata diwajah
13. Bila anda telah tercemar merkuri & pemakaian dihentikan, akan timbul jerawat kecil-kecil disertai rasa gatal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar